Tanjung, Yulia Rezka Fajar Aini (2016) PENGARUH STATUS SEKOLAH, RENCANA PENDIDIKAN SETELAH TAMAT SMA DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS XI IPA SE-KOTA KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1.NIM.4111141024 COVER .pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 4111141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 4111141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 4111141024 PREPACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 4111141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4111141024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4111141024 TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4111141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4111141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 4111141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4111141024 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sekolah, rencana pendidikan setelah tamat SMA dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap literasi sains siswa SMA kelas XI IPA se-Kota Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA Negeri dan Swasta yang berjumlah 822 siswa di Kisaran. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 357 siswa terdiri dari 78 siswa SMA N 1 Kisaran, 80 siswa SMA N 2 Kisaran, 78 siswa SMA N 4 Kisaran, 64 siswa SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran, 42 siswa SMA Swasta Taman Siswa Kisaran, 15 siswa SMA swasta Daerah Kisaran. Jenis penelitian adalah survey analitik. Hasil analisis data tes literasi sains menunjukkan bahwa sebanyak (46%) memiliki tingkat literasi sains yang sangat rendah (skor <54) disusul 28% literasi sains siswa tergolong cukup dengan rentang skor 55-59. Hanya 18% dari siswa yang memiliki skor literasi sainsnya yang tergolong tinggi (skor 75-85) dan 7% memiliki literasi sains tergolong rendah (55-59). Sisanya hanya 1% yang tergolong sangat tinggi (86-100). Analisis statistika penelitian ini menggunakan analisis varians tiga jalur, analisis varians satu jalur dan uji t tidak berpasangan dari hasil ketiga uji tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada status sekolah dan rencana pendidikan setelah tamat SMA terhadap literasi sains dengan hasil (F = 5,275 ; P = 0,022), (F= 5,469 ; P= 0,005) sedangkan latar belakang pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literasi sains (F = 0,327 ; P = 0,923).
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 012 |
Keywords: | Literasi Sains; Status Sekolah; Rencana Setelah Tamat SMA; Latar Belakang Pendidikan Orang Tua |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 16:57 |
Last Modified: | 03 May 2016 16:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5090 |