A’yuni, Quratun (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (INKUIRI LEARNING) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI IPA MAS PPMDH MEDAN TP 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4111141017 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 4111141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 4111141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM. 4111141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4111141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 4111141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4111141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4111141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4111141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 4111141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah pada sub materi pokok sistem sirkulasi manusia di kelas XI IPA MAS PPMDH TPI Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA1 menggunakan model inkuiri dan kelas XI IPA2 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, masing-masing kelas berjumlah 27 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri (X ̅) =72,5926 dengan nilai standar deviasi (SD) = 9,061 lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (X ̅) = 67,6296 dengan nilai standar deviasi (SD) = 7,8649. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,1550 > 2,008) sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri (Inquiry Learning) dan model pembelajaran berbasis masalah pada sub materi pokok sistem sirkulasi manusia di kelas XI IPA MAS PPMDH TPI Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 008 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Inkuiri; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Sistem Sirkulasi Manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 03:28 |
Last Modified: | 03 May 2016 17:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5089 |