Simbolon, Dewi Sartika (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Religious Berbasis Autoplay untuk Membentuk Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Tingkat SMA. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156124002 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM. 8156124002 LEMBAR PERSETUJUAN DISERTASI.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
2. NIM. 8156124002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3. NIM. 8156124002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM. 8156124002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 8156124002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 8156124002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 8156124002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 8156124002 BAB I.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
13. NIM. 8156124002 BAB V.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
14. NIM. 8156124002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
Abstract
Pengembangan model pembelajaran religious berbasis autoplay untuk membentuk karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama katolik tingkat SMA Kota Medan 2023. Penelitian ini didasari oleh permasalahan karakter siswa yang selama ini kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran religious berbasis autoplay untuk membentuk karakter siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model Pembelajaran religious berbasis autoplay dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni sintaks model, system social, system pendukung, prinsip reaksi pengelolaaan dan dampak instrupsional dan pengiring, serta instrument-instrumen yang diperlukan. Pengembangan model pembelajaran yang dilakukan mengikuti tahapan pengembangan yang dikemukakan oleh borg and gall dengan memperhatikan 3 aspek produk. Instumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran, angket karakter yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat model pembelajaran Religious berbasis autoplay yang dikembangkan valid dan efektif, Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Religius berbasis autoplay adalah dari persentase pencapaian Hasil Belajar meningkat menjadi 86,11%; dan rata-rata respon siswa tentang seberapa pentingnya nilai-nilai pendidikan karakter sebesar 91% sudah melebihi batas minimal yang di tentukan yaitu sebesar ≥ 80%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah mempunyai respon positif terhadap nilai-nilai pendidikan karakter. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan membentuk karakter siswa. Peneliti berharap peneliti selanjutnya menerapkan model pembelajaran religious berbasis autoplay baik ditingkat dasar maupun menengah
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sim p |
Keywords: | Religious; Model Dewia; Karakter Siswa; autoplay |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 05:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50861 |