Risdiyanti, Sri (2022) Analisis Implementasi Penilaian Autentik Oleh Guru Di SD Negeri 27 Aek Raso T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111003_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1181111003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 1181111003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 1181111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 1181111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1181111003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1181111003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1181111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111003_BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM. 1181111023_BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 1181111023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian autentik oleh guru pada ranah keterampilan melalui penilaian portofolio dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 27 Aek Raso T.A 2021/2022. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III, IV, dan V di SD Negeri 27 Aek Raso. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik oleh guru
pada ranah keterampilan melalui penilaian portofolio dalam pembelajaran tematik pada tahap menentukan tujuan penilaian portofolio ditentukan guru bertujuan untuk melihat kelebihan dan kekurangan siswa, serta untuk mengetahui pencapaian dan perkembangan hasil belajar peserta didik selama kegiatan
pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai informasi untuk orang tua, guru, dan peserta didik tentang pencapaian hasil belajarnya yang dilakukan dengan cara menyampaikan tujuan penilaian kepada siswa baik secara lisan maupun tertulis.
Isi portofolio yang ditentukan guru berupa tugas harian, hasil ulangan, dan hasil karya peserta didik. Kriteria penilaian yang ditentukan guru sudah sesuai baik dalam proses maupun hasil belajar siswa secara jelas dan tertulis yang
menunjukkan keterlibatan siswa dalam proses penilaiannya. Format penilaian dalam menilai hasil tugas siswa tidak dikembangkan oleh guru, karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan dan penilaiannya. Sehingga catatan tentang hasil tugas siswa yang ada dalam format penilaian guru tuliskan langsung pada lembar tugas siswa dalam bentuk narasi secara singkat dan berupa kata motivasi. Bentuk penyajian portofolio yang digunakan guru adalah map portofolio (Dokumen tempat penyimanan tugas siswa) yang berisi tugas peserta didik, hasil ulangan, dan hasil karya peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Penilaian Portofolio; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:22 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50825 |