Aulyana, Anindya (2022) Korelasi Kebiasaan Membaca, Kecerdasan Verbal-Linguistik dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173111005 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 2173111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3. NIM 2173111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
4. NIM 2173111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM 2173111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM 2173111005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM 2173111005 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 2173111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 2173111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
13. NIM 2173111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
14. NIM 2173111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kebiasaan membaca, kecerdasan verbal linguistik dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu 64.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Penulis menggunakan uji normalitas dan korelasional dalam menganalisis data. Kebiasaan membaca memperoleh presentase 3,12% (sangat tinggi) 46,8% (tinggi), 45% (sedang), dan 5% (rendah). Kemudian, pada variabel kecerdasan kecerdasan verbal-linguistik 21% (sangat tinggi), 77% (sedang), dan 2% (rendah). Sedangkan hasil belajar memperoleh nilai 37% (sangat baik), 58 % (baik), 3% (cukup), dan 2% (kurang). Diperoleh nilai = 0,112 dan sig. (1-tailed) menunjukkan angka 0,188. Untuk = 0,184 dan sig. (1-tailed) menunjukkan angka 0,76. Maka disimpulkan (a) Hubungan kebiasaan membaca dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan masuk dalam kategori sangat rendah (tidak berkorelasi), (b) Hubungan kecerdasan verbal-linguistik dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan masuk dalam kategori sangat rendah (tidak berkorelasi). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa tidak signifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar karena > 0,05 (0,188> 0,05) dan tidak signifikan antara kecerdasan verbal linguistik dan hasil belajar karena > 0,05 (0,76> 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kebiasaan Membaca; Kecerdasan Verbal-linguistik; dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50818 |