Hutabarat, Amelia Corry Evianty (2022) Korelasi Penguasaan Struktur dan Kebahasaan Teks Narasi terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP N 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173311006 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 2173311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (722kB) | Preview
3. NIM 2173311006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 2173311006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 2173311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM 2173311006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM 2173311006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 2173311006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
12. NIM 2173311006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM 2173311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi penguasaan struktur dan
kebahasaan teks narasi terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII
SMPN 1 Laguboti. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi,
yaitu sebanyak 42 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Ex post Facto
Penulis menggunakan Uji validitas dan Uji Reliabilitas dalam pengujian
instrumen tes. Penulis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan persamaan
regresi berganda dalam menganalisis data.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penguasaan struktur teks narasi siswa dengan kategori nilai kurang sebanyak 2
orang (4,7%). Siswa dengan kategori nilai cukup sebanyak 7 orang (16,6%),
kategori nilai baik sebanyak 11 orang (26,1%), dan kategori nilai sangat baik
sebanyak 22 orang (52,3%). Kemudian untuk Ciri Kebahasaan Teks Narasi siswa
dengan kategori nilai cukup sebanyak 11 orang (26,1%), kategori nilai baik 10
orang (23,8%), dan kategori nilai sangat baik 21 orang (50%). Adapun untuk
kemampuan menulis teks narasi siswa dengan kategori nilai cukup sebanyak 5
orang (11,9%), kategori nilai baik sebanyak 8 orang (19,0%), dan nilai kategori
sangat baik sebanyak 28 orang (66,6%). Diperoleh nilai P (0,000) < nilai sig.
(0,05), dengan nilai F sebesar 65,576. Disimpulkan bahwa penguasaan struktur
dan kebahasaan memiliki korelasi terhadap kemampuan menulis teks narasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penguasaan Struktur; Kebahasaan; dan Kemampuan Menulis Teks Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:25 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50815 |