Hadiati, Devi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113341006 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4113341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 4113341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 4113341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 4113341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 4113341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4113341006 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4113341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4113341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM. 4113341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4113341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri pada materi sel di SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA3 menggunakan model problem based learning dan kelas XI IPA4 menggunakan model inkuiri, masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning (X ̅) = 70,20 dengan nilai standar deviasi (SD) = 7,46 lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri (X ̅) = 77,00 dengan nilai standar deviasi (SD) = 6,25. Model yang lebih baik digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (4,50 > 1,67) sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran inkuiri pada materi sel di SMA Negeri 16 Medan T.P 2015/1016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 009 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Problem Based Learning (PBL); Model Inkuiri, Sel. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 01:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 01:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5080 |