Fitri, Sugiarti (2022) Strategi Pembelajaran Guru Dalam Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Hati Kabupaten Aceh Tengah T.A 2021-2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1151113029 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 1151113029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (917kB) | Preview
3. NIM 1151113029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM 1151113029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
5. NIM 1151113029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM 1151113029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 1151113029 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 1151113029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
8. NIM 1151113029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM 1151113029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 1151113029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada anak belum tepat hingga anak tidak biasa bebas di lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru dalam kemandirian pada anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Mutiara Hati Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelompok B yang terdiri dari 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga sampai pada kesimpulan. Penyajian data diuraikan dalam bentuk kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, bahwa strategi pembelajaran dalam kemandirian di TK Mutiara Hati Kabupaten Aceh Tengah, adanya sikap membimbing, menuntun, memandu, membentuk, mengarahkan, dan memberikan penilaian pada anak. Serta guru dalam mempersiapkan strateginya yaitu guru menciptakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemandirian seperti menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif. Memberikan contoh yang kongkrit pada setiap kegiatan. Dalam mengatur strategi, guru dapat memilih berbagai metode, seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Berbagai media seperti, balok, pazzle, dan buku bergambar, dapat digunakan sebagai bagian dari tekhnik yang dipilih oleh guru. Strategi pembelajaran guru dalam kemandirian ini bertujuan agar peserta didik mampu belajar mandiri dengan adanya dorongan dari dalam diri peserta didik untuk belajar dengan kemauan sendiri, pilihanya sendiri dan rasa tanggung jawab yang ada dalam diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi pembelajaran guru; kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:14 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50786 |