Strategi Pembelajaran Guru Dalam Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Hati Kabupaten Aceh Tengah T.A 2021-2022

Fitri, Sugiarti (2022) Strategi Pembelajaran Guru Dalam Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Hati Kabupaten Aceh Tengah T.A 2021-2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 1151113029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1151113029 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1151113029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1151113029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (917kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1151113029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1151113029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1151113029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1151113029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1151113029 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1151113029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1151113029 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1151113029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1151113029 LIST OF PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1151113029 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1151113029 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1151113029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1151113029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1151113029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 1151113029 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 1151113029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[thumbnail of 11. NIM 1151113029 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 1151113029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of 12. NIM 1151113029 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 1151113029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[thumbnail of 13. NIM 1151113029 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 1151113029 CHAPTER V.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 14. NIM 1151113029 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 1151113029 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 15. NIM 1151113029 ENDCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 1151113029 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada anak belum tepat hingga anak tidak biasa bebas di lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru dalam kemandirian pada anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Mutiara Hati Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelompok B yang terdiri dari 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga sampai pada kesimpulan. Penyajian data diuraikan dalam bentuk kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, bahwa strategi pembelajaran dalam kemandirian di TK Mutiara Hati Kabupaten Aceh Tengah, adanya sikap membimbing, menuntun, memandu, membentuk, mengarahkan, dan memberikan penilaian pada anak. Serta guru dalam mempersiapkan strateginya yaitu guru menciptakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemandirian seperti menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif. Memberikan contoh yang kongkrit pada setiap kegiatan. Dalam mengatur strategi, guru dapat memilih berbagai metode, seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Berbagai media seperti, balok, pazzle, dan buku bergambar, dapat digunakan sebagai bagian dari tekhnik yang dipilih oleh guru. Strategi pembelajaran guru dalam kemandirian ini bertujuan agar peserta didik mampu belajar mandiri dengan adanya dorongan dari dalam diri peserta didik untuk belajar dengan kemauan sendiri, pilihanya sendiri dan rasa tanggung jawab yang ada dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi pembelajaran guru; kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:14
Last Modified: 14 Oct 2025 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50786

Actions (login required)

View Item
View Item