AMBARITA, ANCE LASMA SARI (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR DI SMK PUTRA ANDA BINJAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5153142002 COVER.pdf
Download (129kB)
2. NIM 5153142002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (927kB)
3. NIM 5153142002 ABSTRACT.pdf
Download (268kB)
4. NIM 5153142002 PREFACE.pdf
Download (226kB)
5. NIM 5153142002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (265kB)
6. NIM 5153142002 TABLES.pdf
Download (120kB)
7. NIM 5153142002 APPENDICES.pdf
Download (238kB)
8. NIM 5153142002 CHAPTER I.pdf
Download (307kB)
12. NIM 5153142002 CHAPTER V.pdf
Download (121kB)
13. NIM 5153142002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (210kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media canva pada pelajaran Boga Dasar. 2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media power point pada mata pelajaran Boga Dasar. 3) Pengaruh media pembelajaran canva terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar. Tempat penelitian diSMK Putra Anda Binjai. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret-Mei 2022. Metode penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswaseluruh kelas X Jasa Boga. Teknik pengambilan sampel secara random kelas, sehingga Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jasa Boga 1 dengan jumlah 30 orang siswa dan Kelas X Jasa Boga 2 dengan jumlah 30 siswa. Kelas X jasa boga 1 menjadi kelas eksperimen dan Kelas X jasa boga 2 menjadi kelas kontrol. Kemudian teknik pengumpul data menggunakan tes. Teknik analisis data secara deskriptif data, uji kecenderungan, uji homogenitas data dan uji hipotesis dengan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian ini tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media canva pada pelajaran boga dasar termasuk kategorikecenderungan tinggi sebesar 66,67 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media power point pada pelajaran boga dasar, termasuk kategori cenderung cukup sebesar 86,67%. Hasil uji t terdapat pengaruh yang posisitf dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran canva terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar dengan nilai thitung> ttabel (7.45 > 1,67), pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media pembelajaran Canvadapat mempengaruhi hasil belajarsiswa pada pelajaran Boga Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:36 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50756 |