Berutu, Anwar Indrawati M (2015) HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TINADA KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 401341002 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 401341002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 401341002 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 401341002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 401341002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 401341002 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 401341002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 401341002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
12. NIM. 401341002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 401341002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinada. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sebanyak 70 orang siswa dari kelas X-1 sampai kelas X-7 Diambil sebagian sampel. Untuk mengetahui faktor lingkungan belajar diberikan angket kepada siswa, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai UAS semester genap Tahun 2014/2015. Faktor lingkungan belajar yang diukur meliputi, keadaan ekonomi orangtua, metode mengajar guru,sarana dan prasarana sekolah, sikap guru dan disiplin sekolah. Data yang diperoleh ditabulasi dan dilakukan uji korelasi. Hasil penelitian menganalisis tidak ada hubungan yang signifikan antara keadaan ekonomi orangtua, metode mengajar guru, sarana dan prasarana sekolah, sikap guru dengan hasil belajar siswa, akan tetapi terdapat hubungan yang signifikan (r= 0,30 antara disiplin sekolah dengan hasil belajar siswa (p < 0,05 yang diperoleh bahwa (thitung > ttabel) (4,63 > 1,89), berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil ( H0) ditolak, berarti ada hubungan yang sifnifikan antara disiplin sekolah dengan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 005 |
Keywords: | Hubungan Lingkungan Belajar; Hasil Belajar. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 00:02 |
Last Modified: | 03 May 2016 00:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5074 |