DAMANIK, RIO RICARDO (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183341007 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 7183341007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM 7183341007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 7183341007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM 7183341007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 7183341007 TABLE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 7183341007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM 7183341007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 7183341007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 7183341007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 7183341007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ialah kurang optimalnya hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Interaktif lebih tinggi dari Model Pembelajaran Problem Based Learning. Populasi pada penelitian ialah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 yang berjumlah 140 siswa sedangkan Sampel pada penelitian ialah 70 siswa yang terdiri dari 2 kelas menggunakan Purpose sampling. Penelitian ini menggunakan beberapa uji yaitu Uji Instrumen Test berupa Uji Validitas tes, Uji realibilitas tes, Analisis Taraf Kesukaran dan analisis daya pembeda.Setelah dilakukan Uji instrument tes digunakan Uji prasyarat analisis berupa Uji Normalitas dan Uji Homogenitas.
Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Interaktif 80,20 dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learming 71,11 dimana didapatkan kesimpulan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Interaktif lebih tinggi di banding dengan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning Dengan Media Interaktif, dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:08 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50734 |