PIYANI, SRI (2022) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI BERKARIR SEBAGAI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173341047 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 7173341047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM 7173341047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM 7173341047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 7173341047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM 7173341047 TABLE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 7173341047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 7173341047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM 7173341047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
13. NIM 7173341047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14. NIM 7173341047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Berkarir Sebagai Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi TA 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif.Populasi penelitian berjumlah 101 mahasiswa.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 81 mahasiswa.Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Uji instrumen penelitian dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji multikolinearitas.Teknik analisis data meliputi uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R Square).Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y = 19.274 + 0,469X1 + 0,260X2. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) terhadap Kepercayaan Diri Berkarir Sebagai Guru (Y) yang dibuktikan dengan thitung5,958 >ttabel1,664. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua (X2) terhadap Kepercayaan Diri Berkarir Sebagai Guru (Y) yang dibuktikan dengan nilai thitung2,532 >ttabel1,664. (3) Terdapat pengaruh positif serta signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua (X2) terhadap Kepercayaan Diri Berkarir Sebagai Guru (Y) yang dibuktikan dengan Fhitung21,188 > Ftabel 3,11 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Besarnya n kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat diperoleh melalui hasil uji koefisien determinasi yaitu sebesar 0,352 yang artinya 35.2% Kepercayaan Diri Berkarir Menjadi Guru dipengaruhi oleh Minat Menjadi Guru dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Maka, terdapat pengaruh positif serta signifikan antara Minat Menjadi Guru dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Berkarir Menjadi GuruPada Mahasiswa Program StudiPendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Menjadi Guru, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Kepercayaan Diri Berkarir Menjadi Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:06 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50733 |