PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI MASALAH EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X IPS SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN T.A 2022/2023

SANDI, MEI KURNIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI MASALAH EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X IPS SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7172141005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7172141005 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7172141005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7172141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7172141005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7172141005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7172141005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7172141005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7172141005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7172141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7172141005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7172141005 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7172141005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7172141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7172141005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7172141005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7172141005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7172141005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7172141005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7172141005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7172141005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7172141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari masalah kurangnya media pembelajaran yang disediakan oleh guru, karena media pembelajaran yang kurang menarik membuat pembelajaran cenderung lebih membosankan dan monoton bagi siswa. Untuk
mengatasi masalah tersebut, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang menarik yang harus disusun sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis video animasi pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi untuk siswa kelas X IPS SMA Swasta Darussalam Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Adapun subjek penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi pembelajaran ekonomi dan
siswa kelas X IPS sebagai uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi dan angket kepada ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi pembelajaran dan juga siswa kelas X IPS. Hasil penelitian ini adalah
media pembelajaran berbasis video animasi dengan penilaian dari ahli materi memperoleh hasil persentase 88% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli media memperoleh hasil persentase 84% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli desain memperoleh hasil persentase 93,3% dengan kategori “Sangat Layak” dan penilaian dari praktisi pembelajaran memperoleh persentase
94,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penilaian dari validator
ahli maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi sangat valid atau sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas X
IPS SMA Swasta Darussalam Medan. Hasil dari uji coba lapangan memperoleh persentase 89,2% dengan kategori “Sangat Layak” dan media pembelajaran dapat dikatakan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Efektivitas media
pembelajaran diperoleh hasil setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada kelas X dan diberikan soal tes uji coba sebanyak 85% siswa
yang memiliki nilai diatas KKM dan sebanyak 15% siswa memiliki nilai dibawah KKM, maka media pembelajaran berbasis video animasi efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran,Videoanimasi,ModelADDIE.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:02
Last Modified: 12 Oct 2023 02:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50731

Actions (login required)

View Item
View Item