SANDI, MEI KURNIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI MASALAH EKONOMI DALAM SISTEM EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X IPS SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7172141005 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7172141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM. 7172141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4. NIM. 7172141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7172141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 7172141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 7172141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7172141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 7172141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM. 7172141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 7172141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari masalah kurangnya media pembelajaran yang disediakan oleh guru, karena media pembelajaran yang kurang menarik membuat pembelajaran cenderung lebih membosankan dan monoton bagi siswa. Untuk
mengatasi masalah tersebut, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang menarik yang harus disusun sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis video animasi pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi untuk siswa kelas X IPS SMA Swasta Darussalam Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Adapun subjek penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi pembelajaran ekonomi dan
siswa kelas X IPS sebagai uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi dan angket kepada ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi pembelajaran dan juga siswa kelas X IPS. Hasil penelitian ini adalah
media pembelajaran berbasis video animasi dengan penilaian dari ahli materi memperoleh hasil persentase 88% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli media memperoleh hasil persentase 84% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli desain memperoleh hasil persentase 93,3% dengan kategori “Sangat Layak” dan penilaian dari praktisi pembelajaran memperoleh persentase
94,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penilaian dari validator
ahli maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi sangat valid atau sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas X
IPS SMA Swasta Darussalam Medan. Hasil dari uji coba lapangan memperoleh persentase 89,2% dengan kategori “Sangat Layak” dan media pembelajaran dapat dikatakan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Efektivitas media
pembelajaran diperoleh hasil setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada kelas X dan diberikan soal tes uji coba sebanyak 85% siswa
yang memiliki nilai diatas KKM dan sebanyak 15% siswa memiliki nilai dibawah KKM, maka media pembelajaran berbasis video animasi efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran,Videoanimasi,ModelADDIE. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50731 |