SIMANGUNSONG, RUTH DAMAYANTY (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUMBAN JULU T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7183341023 COVER.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
2. 7183341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. 7183341023 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4. 7183341023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. 7183341023 TABLE 0F CONTENT.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
6. 7183341023 TABLES.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7. 7183341023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
8. 7183341023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
9. 7183341023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
13. 7183341023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. 7183341023 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya prestasi belajar siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 siswa dan sampel sebanyak 106 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persamaan Regresi Y = 34,702 + 0,240X1 + 0,140X2 + 0,192X3 (2) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai thitung > ttabel dimana 4,235 > 1,659 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,792 > 1,659 dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. (4) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai thitung > ttabel dimana 4,050 > 1,659 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) Secara Simultan Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai fhitung > ftabel dimana 43,249 > 2,69 dan signifikansi 0,000 < 0,05. (6) KontribusiEfikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar memberikan pengaruh sebesar 56% terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu, sedangkan 44% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50720 |