Simangunsong, Ruth Damayanty (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUMBAN JULU T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7183341023 COVER.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
2. 7183341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. 7183341023 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4. 7183341023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. 7183341023 TABLE 0F CONTENT.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
6. 7183341023 TABLES.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7. 7183341023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
8. 7183341023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
9. 7183341023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
10. 7183341023 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. 7183341023 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (956kB)
12. 7183341023 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (981kB)
13. 7183341023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. 7183341023 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
15. 7183341023 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya prestasi belajar siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 siswa dan sampel sebanyak 106 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persamaan Regresi Y = 34,702 + 0,240X1 + 0,140X2 + 0,192X3 (2) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai thitung > ttabel dimana 4,235 > 1,659 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,792 > 1,659 dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. (4) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai thitung > ttabel dimana 4,050 > 1,659 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) Secara Simultan Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu dengan nilai fhitung > ftabel dimana 43,249 > 2,69 dan signifikansi 0,000 < 0,05. (6) KontribusiEfikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar memberikan pengaruh sebesar 56% terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu, sedangkan 44% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
| Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:30 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 08:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50720 |
