Rehan, MHD. (2023) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA SWASTA PANCA BUDI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183141030 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 7183141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3. NIM. 7183141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM. 7183141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 7183141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 7183141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 7183141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM. 7183141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 7183141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
13. NIM. 7183141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM. 7183141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya perhatian orang tua dan motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMA Panca Budi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Panca Budi Medan T.A 2022/2023.
Jenis Penelitian ini adalah expostfacto. Dengan total populasi dalam penelitian ini adalah 185 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling dimana jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 127 orang.
Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan uji asumsi klasik dan diolah menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu Software SPSS versi 20.
Dari hasil analisis data, diketahui semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Dari hasil analisi regresi linear berganda diperoleh nilai Y= 69,915 + 0,031 X1 + 0,028 X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien variabel perhatian orang tua (b1) bernilai positif yang dapat dimaknai apabila
perhatian orang tua (X1) mengalami kenaikan maka prestasi belajar (Y) akan mengalami kenaikan. Variabel motivasi belajar (b2) bernilai positif dapat dimaknai bahwa apabila
motivasi belajar (X2) mengalami kenaikan maka prestasi belajar (Y) akan mengalami peningkatan.
Dalam pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung
sebesar 6,183 > 1.657 ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Variabel motivasi belajar memiliki nilai thitung 5,148 > 1.657 ttabel dengan nilai signifikansi 0,00 <0,05.
Selanjutnya perhatian orang tua dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai , Fhitung 68,526 > 2,68 Ftabel dan nilai
signifikansi sebesar 0,000<0,05. Total besar pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 52,5% sedangkan sisanya 47,5% dijelaskan oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perhatian Orang Tua,Motivasi Belajar,Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50714 |