MARBUN, MERYNATALIA (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PERSEPSI PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII IIS SMAN 5 BINJAI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182141016 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 7182141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM 7182141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 7182141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM 7182141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
6. NIM 7182141016 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 7182141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7182141016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM 7182141016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
13 NIM 7182141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14 NIM 7182141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa dikarenakan lingkungan sosial dan persepsi pendidikan yang kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XII IIS SMAN 5 Binjai dan untuk mengetahui pengaruh persepsi pendidikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XII IIS SMAN 5 Binjai.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Binjai Jalan Jambi No. 2, Kec. Binjai Selatan, Kota Binjai, T.A 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS SMAN 5 Binjai yang berjumlah 101 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 101 orang menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t dan Uji-f serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi berdasarkan uji t (t hitung > t tabel) 2,858> 1,660 dan nilai Sig 0,005< 0,05. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi pendidikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi berdasarkan uji t (t hitung > t tabel) 5,924> 1,660 dan nilai Sig 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sosial dan persepsi pendidikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi berdasarkan uji f (f hitung > f tabel) 62,850> 3,09 dan perolehan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0.05. Berdasarkan analisis diperoleh hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,562. Hal ini menjelaskan bahwa kontribusi lingkungan sosial dan persepsi pendidikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa kelas XIIIIS SMAN 5 Binjai sebesar 56,2% sedangkan sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Sosial, Persepsi Pendidikan, dan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:17 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50713 |