SEMBIRING, INDAH ANASTASIA (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182141019 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 7182141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. NIM. 7182141019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 7182141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 7182141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7182141019 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 7182141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7182141019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7182141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 7182141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. NIM. 7182141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Hasil belajar merupakansuatumetodedalam melihat seberapa jauh siswa memahami pembelajaran yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu Efikasi diri dan Perhatian Orangtua. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh efikasi diri dan perhatian orangtua terhadap terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA N 1 Batang Kuis.
Penelitian dilaksanakan kelas di X SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berlokasi di jalan pendidikan, paya gambar, kecamatan batang kuis, kabupaten deli serdang, provinsi sumatera utara. Penelitian ini adalah jenis penelitian ex post facto. Kemudian teknik sampel yang dipakaipada penelitian ini ialah proportional random sampling dengan Jumlah populasi penelitian adalah 144 siswa dihasilkan sampel sebanyak 106 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakaipeneliti dalampengumpulan semua data yang dipakai pada penelitian ini yakni observasi,dokumentasi dan penyebaran angket. Kemudian teknik analisis data yang dipergunakan yaitu analis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji-t,uji-f dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini yaitu variabel Efikasi Diri (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Batang kuis. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data Uji-t yang dilakukan nilai sig variabel Efikasi diri (X1) 0,035<0,05 dan thitung > ttabel yaitu 2,138>1,9828. Selanjutnya variabel Perhatian Orangtua (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Batang kuis, hal ini dibuktikan oleh hasil analisis data Uji-t yang dilakukan nilai sig variabel Perhatian Orangtua (X2) yaitu 0,01<0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,580>1,982. Kemudian variabel efikasi diri (X1) dan Perhatian Orangtua (X2) berpengaruh secara simultan atau bersamaan terhadap Hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Batang Kuis. Besarnya pengaruh tersebut diketahui dari nilai koefisien determinasi atau R Square yaitu sebesar 0,346 atau 34,6%. Sesuai hasil penelitian diatas mampuditarik kesimpulanbahwa hipotesis pada penelitian ini diterima,efikasi diri dan perhatian orangtua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Batang Kuis secara parsial maupun secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Efikasi diri, dan Perhatian Orangtua. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:01 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50708 |