PURBA, ELLEN PARIDA (2023) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 7182141009 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2.NIM 7182141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
3.NIM 7182141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4.NIM 7182141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5.NIM 7182141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6.NIM 7182141009 TABLE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7.NIM 7182141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8.NIM 7182141009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9.NIM 7182141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13.NIM 7182141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14.NIM 7182141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu rendahnya kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Minat Menjadi Guru (X1)serta Pengenalan Lapangan Persekolahan (X2) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini diselenggarakan di Universitas Negeri Medan tepatnya di Jalan Willem Iskandar Pasar V. Jenis penelitian ini ialah expost facto. Populasi penelitian merupakan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Medan berjumlah 103 orang dengan teknik sensus. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi serta kuesioner. Sebelum disebarkan pada sampel,kuesioner diuji dahulu. Hasil uji mengindikasi bahwakuesioner tersebut valid dan reliabel. Selanjutnya, data yang terkumpul dari hasil angket dianalisamelalui regresi linear berganda. Hasil analisa menunjukkan variabel bebas (minat menjadi guru dan program pengenalan lapangan persekolahan (PLP) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi stambuk 2019 Universitas Negeri Medan baik secara parsial maupun simultan. Dibuktikan dengan thitung3,242 > ttabel1,660 untuk variabel minat menjadi guru (X1) dan variabel Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) (X2) memperoleh thitung4,117 > ttabel 1,660, dan hasil uji F membuktikan Fhitung> Ftabel(24,715 > 3,088).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Menjadi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan, Kesiapan Menjadi Guru. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:00 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50707 |