SARI, ASMA (2023) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 5 BINJAI T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182141001 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM 7182141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
3. NIM 7182141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 7182141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 7182141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM 7182141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 7182141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 7182141001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 7182141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. NIM 7182141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 7182141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 5 Binjai T.A 2022/2023.
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Binjai yang berjumlah 140 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 104 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel disiplin belajar (X1) terhadap hasil belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IIS SMA Negeri 5 Binjai yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 1,371 < 1,660 dengan dinilai signifikansi 0,173 > 0,05, kedua terdapat pengaruh antara minat belajar (X2) terhadap hasil belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IIS SMA Negeri 5 Binjai yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 2,793 > 1,660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Binjai. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,86 yang menjelaskan bahwa pengaruh Disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 86% dan sisanya sebesar 14% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2023 04:45 |
Last Modified: | 15 May 2023 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50704 |