SIRINGO RINGO, ANASTASYA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI COOPERATIVE LEARNING DAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XIIPS SMA NEGERI 3 SIBOLGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183341013 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 7183341013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM 7183341013 ABTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 7183341013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM 7183341013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM 7183341013 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 7183341013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 7183341013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 7183341013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
13. NIM 7183341013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 7183341013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 3 Sibolga. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terintegrasi cooperative learning serta self directed learning terhadap hasil belajas peserta didik kelas XI IPS di SMAN 3 Sibolga .Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sibolga, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 168 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel sesuai dengan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sehingga jumlah sampel yaitu 68 siswa.Metode penelitian yang dimanfaatkan yaitu kuasi eksperimen (Experimental Research).Desain analisis peneltian ini yaitu rancangan faktoria; 2 x 2. Pada penelitian ini peserta didikmenjadi sampel dikategorikan kedalam 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu kelompok peserta didik yang memperolehtindakan model FlippedClassroom Terintegrasi cooperative Learning serta kelompok kedua yaitu kelompok yang tidak mendapatkan perlakukan (pembelajaran tradisional). Dalam penelitian ini, hasil belajar ekonomi menjadi variabel kriteria/dependent. Data yang diperoleh dianalisis dengan aplikasi SPSS 25. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava 2 jalur.Berdasarkan hasil analisis data,terdapat perbedaan yang signifikan antara model flipped classroom terintegrasi cooperative learning dengan model pembelajaran konvensional pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat dari nilai sig. 0,028 < 0,05 pada taraf alpha 5% ,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran flipped classroom terintegrasi cooperative learning dan self directed learning dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | flipped classroom, cooperative learning, self directed learning. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2023 04:44 |
Last Modified: | 15 May 2023 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50703 |