PURBA, KESYA INFANTRI BR (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM. 7182142022 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2.NIM. 7182142022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3.NIM. 7182142022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4.NIM. 7182142022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5.NIM. 7182142022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6.NIM. 7182142022 TABLES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7.NIM. 7182142022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8.NIM. 7182142022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9.NIM. 7182142022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13.NIM. 7182142022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
14.NIM. 7182142022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemandirian belajar akuntansi pada siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe, untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik total sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanya 68 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y= 4,529 + 0,368X1 + 0,388X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel sebesar 5,523 > 1,997 dengan nilai signifikan sebesar 0,000>0,05. Disiplin belajar juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel sebesar 3,868 > 1,997 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 > 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah sebesar 54,2%, sedangkan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2023 01:03 |
Last Modified: | 12 May 2023 01:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50695 |