SILAEN, RUTH ESKA VANY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183342007 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 7183342007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (759kB) | Preview
3. NIM 7183342007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
4. NIM 7183342007 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM 7183342007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM 7183342007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 7183342007 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM 7183342007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM 7183342007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
13. NIM 7183342007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM 7183342007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku pegangan guru. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varian, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 42,50 dan 86,17. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 42,33 dan 69,83. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh t-hitung = 6,491 dan t-tabel = 2,002. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan yaitu t-hitung > t-tabel yaitu 6,491 > 2,002. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika t-hitung > t-tabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi pembelajaran persamaan dasar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2023 00:59 |
Last Modified: | 12 May 2023 00:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50692 |