PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SILAEN, RUTH ESKA VANY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7183342007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7183342007 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7183342007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7183342007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7183342007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7183342007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7183342007 ABSTARCT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7183342007 ABSTARCT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7183342007 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7183342007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7183342007 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7183342007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7183342007 LIST OF IMAGES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7183342007 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7183342007 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7183342007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7183342007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7183342007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7183342007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7183342007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7183342007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7183342007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku pegangan guru. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varian, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 42,50 dan 86,17. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 42,33 dan 69,83. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh t-hitung = 6,491 dan t-tabel = 2,002. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan yaitu t-hitung > t-tabel yaitu 6,491 > 2,002. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika t-hitung > t-tabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi pembelajaran persamaan dasar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 May 2023 00:59
Last Modified: 12 May 2023 00:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50692

Actions (login required)

View Item
View Item