PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN KD PENGHAPUSAN PIUTANG SISWA KELAS XI SMKN 13 MEDAN T.A 2022/2023

Sari, Nurnilam (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN KD PENGHAPUSAN PIUTANG SISWA KELAS XI SMKN 13 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7182142025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7182142025 COVER.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7182142025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7182142025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (993kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7182142025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7182142025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7182142025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7182142025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7182142025 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7182142025 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7182142025 PICTURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7182142025 PICTURES.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7182142025 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7182142025 TABLES.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7182142025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7182142025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7182142025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7182142025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 7182142025 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 7182142025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 7182142025 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 7182142025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[thumbnail of 12. NIM 7182142025 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 7182142025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 7182142025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7182142025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7182142025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7182142025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 15.  NIM 7182142025 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 7182142025 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas serta hasl belajar akuntansi siswa kelas XI AK 2 SMKN 13 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Predict-Observe-Explain. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 13 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun pembelajaran 2022/2023 dengan subjek siswa kelas XI AK 2 SMKN 13 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang dari keseluruahn populasi 74 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Predict-Observe-Explain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi Keuangan kompetensi dasar penghapusan piutang siswa. kelas XI AK 2 SMKN 13 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahapan pada penelitian tindakan kelas yang harus dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan lembar obsservasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan data kuantitatif dan data kualitatif menggunakan Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I aktivitas belajar siswa yang termasuk kategori aktif berjumlah 61,7% dan hasil belajar siswa yang memeroleh nilai ≥75 berjumlah 47,1% sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II aktivitas belajar siswa dengan kategori aktif meningkat hingga 82,3% dan hasil belajar siswayang memeroleh nilai ≥75 meningkat hingga 82,3%. Sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning dengan pendekatan Predict-Observe-Explain dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan kd penghapusan piutang siswa kelas XI SMKN 13 Medan T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 May 2023 00:24
Last Modified: 30 Jul 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50688

Actions (login required)

View Item
View Item