LUMBAN GAOL, INDAH HANARUTNIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSISMKS PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7183142046 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM.7183142046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3. NIM.7183142046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM.7183142046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM.7183142046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM.7183142046 TABLE OF TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. NIM.7183142046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. NIM.7183142046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM.7183142046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
12. NIM.7183142046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM.7183142046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMKS Prayatna 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XIAkuntansiSMKS Prayatna 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Prayatna 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIAkuntansiSMKS Prayatna 1 Medan yang berjumlah 35orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan total sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi yaitu 35orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest). Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku pegangan guru. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Bedasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 37.22 dengan standar deviasi = 7.519, dan nilai rata-rata posttest siswa = 86.94 dengan standar deviasi = 7.503. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest = 35.29 dengan standar deviasi = 4.135, dan nilai rata-rataposttest = 71.76 dengan standar deviasi = 9.344. Pengujian hipotesis dari hasil posttest yang dilakukan dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai probabilitas Sig.(2-tailed) = 0,000, dengan kata lain Sig.(1-tailed) = 0,000 < 0,05 = α, dengan H_a= μx_1> μx_2= 86.94 > 71.76. Melalui data tersebut dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi pengelolaan dana kas kecil yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranproblem based learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XIAkuntansiSMKS Prayatna 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi, Dana Kas Kecil. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2023 00:20 |
Last Modified: | 12 May 2023 00:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50685 |