PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA DHARMA BHAKTI WALTER MANALU SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA

Silaban, Angelina (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA DHARMA BHAKTI WALTER MANALU SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7182142001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7182142001 COVER.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7182142001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7182142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7182142001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7182142001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7182142001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7182142001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7182142001 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7182142001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7182142001 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7182142001 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7182142001 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7182142001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7182142001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7182142001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7182142001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7182142001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 7182142001 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 7182142001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[thumbnail of 11. NIM 7182142001 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 7182142001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[thumbnail of 12. NIM 7182142001 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 7182142001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 7182142001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7182142001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7182142001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7182142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 7182142001 ENDCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 7182142001 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Hasil belajar Akuntansi Dasar kelas X SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas kelas X SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Sisingamangaraja No.192 Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 30 pernyataan dengan skala likert 4 point, 20 pernyataan untuk Kemandirian Belajar dan 10 pernyataan untuk Lingkungan Teman Sebaya. Angket penelitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 26.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 27,606 + 0,600X1 + 0,571X2 berdasarkan model regresi tersebut diperoleh koefisien Kemandirian Belajar (b1) adalah bernilai positif mengandung arti bahwa apabila Kemandirian Belajar (X1) mengalami kenaikan, maka hasil belajar akuntansi dasar siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainya bernilai tetap. Sedangkan nilai koefisien Lingkungan Teman Sebaya (b2) juga bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila Lingkungan Teman Sebaya (X2) mengalami kenaikan, maka hasil belajar akuntansi dasar siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap hasil belajar akuntansi dasar dengan nilai t hitung sebesar 4,843 > 1,997 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Lingkungan Teman Sebaya juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai t hitung sebesar 2,401 > 1,997 dan nilai signifikannya sebesar 0,019<0,05. Selanjutnya Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dasar dengan nilai FHitung sebesar 20,033 > 3,14 FTabel dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 36,9%, sedangkan 63,1% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikasih dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 May 2023 03:52
Last Modified: 29 Jul 2025 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50678

Actions (login required)

View Item
View Item