BR. SEMBIRING, RANI SARTIKA (2022) PENGARUH MOTIVASI EKSTRINSIK DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMKPAB 2 HELVETIA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7181144014 COVER.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2. NIM. 7181144014 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. NIM. 7181144014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4. NIM. 7181144014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 7181144014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 7181144014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 7181144014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 7181144014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
9. NIM 7181144014 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. NIM 7181144014 BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
14. NIM. 7181144014 REFERENSI.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran dan rendahnya perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi ekstrinsik (Perhatian Orangtua) dan motivasi Intrinsik ( motivasi belajar) terhadap prestasi belajar teknologi perkantoran kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2022/2022.
Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana seluruh siswa kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia yang terdiri 3 kelas berjumlah 88 orang dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, untuk uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diketahui persamaan regresi Y = 12,621 + 0,402X1 + 0,433X2. Yang berarti besarnya konstanta sebesar 12,621. Jika perhatian orang tua mengalami kenaikan 1 persen, maka prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 40,2% dengan asumsi variabel perhatian orang tua tetap. Jika motivasi belajar mengalami kenaikan 1 persen maka prestasi belajar meningkat 43,3% dengan asumsi variabel motivasi belajar bernilai tetap.
Dari hasil Uji F diperoleh bahwa Fhitung> Ftabel (71,421 > 3,10) dengan signifikan penelitian sebesar 0,000 dengan taraf signifikan α sebesar 0,005 bahwa nilai signifikansi penelitian lebih kecil dari signifikansi α = 0,005 (0,00 < 0,005). Berdasarkan hal tersebut hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel memberikan pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara variabel perhatian orang tua (X1) dan motivasi Belajar (X2) terhadap prestasi siswa kelas X OTKP SMKS PAB 2 Helvetia (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,627 atau 62,7%. Hal ini menunjukkan besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 62,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perhatian Orangtua , Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:16 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50669 |