BATUBARA, NURHALIMAH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI UMUM KELAS X OTKP SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7181144003 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 7181144003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM 7181144003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM 7181144003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
5. NIM 7181144003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 7181144003 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM 7181144003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 7181144003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 7181144003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM 7181144003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7181144003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar administrasi umum yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi wordwall dan motivasi belajar terhadap hasil belajar administrasi umum kelas X OTKP SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No.1 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP sebanyak 144 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas X OTKP 1 dan OTKP 2 sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal hasil belajar dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji f (Levene), sedangkan uji hipotesis menggunakan Anava Dua Jalur dengan bantuan software SPSS versi 26.
Hasil analisis data diperoleh nilai rerata pretest siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut = 36,67 dengan SD = 12.076 dan 42,44 dengan SD = 11.799, sedangkan nilai rerata posttest setelah menggunakan aplikasi wordwall = 82,56 dengan SD = 8.066 dan powerpoint = 68,89 dengan SD = 7.855. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (thitung = 0.094 > ttabel = 0,05) homogen (Fhitung = 0.074 > Ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi wordwall dan motivasi tinggi = 88,22 dan motivasi rendah = 76,89 lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan powerpoint dan motivasi tinggi = 70,53 dan motivasi rendah = 69,86 dengan nilai sig. 0,003, dalam hal ini hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan aplikasi wordwall dan motivasi belajar terhadap hasil belajar administrasi umum kelas X OTKP SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | AplikasiWordwall, MotivasiBelajar,HasilBelajarAdministrasi Umum. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:01 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50665 |