Balqis, Kumala (2022) Penerapan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (Steam) Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Kelurahan Sei Putih Barat. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183113019 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 1183113019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
3. NIM 1183113019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM 1183113019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM 1183113019 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
13. NIM 1183113019 BIBLIOGRAGPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
12. NIM 1183113019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM 1183113019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM 1183113019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM 1183113019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan, 1) untuk engetahui bagaimana RPPM dan RPPH guru yang berbasis STEAM, 2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran STEAM pada pendidikan anak usia dini di Kelurahan Sei Putih Barat, 3) untuk mengetahui bagaimana penilaian dalam pembelajaran
STEAM pada pendidikan anak usia dini di Kelurahan Sei Putih Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dari 4 Taman Kanak-kanak (TK) di wilayah Kelurahan
Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RPPH dan RPPM pembelajaran STEAM yang dirancang oleh guru Taman Kanak-kanak di Kelurahan Sei Putih Barat sudah berkaitan dengan lima unsur STEAM. Adapun dalam pelaksanaan pembelajaran STEAM dari 4 Taman Kanak-kanak ada 2 Taman Kanak-kanak di kategori sangat baik dan baik selebihnya berada di kategori kurang baik, kurang sekali. Adapun responden A dikategori kurang baik dengan persentase 48%, responden B dikategorikan sangat kurang sekali dengan persentase 24%, responden C ikategorikan sangat baik dengan persentase 96%, dan responden D dikategorikan baik dengan persentase 68%. Adapun dalam
penilaian yang di lakukan dari 4 Taman Kanak-kanak ada 3 yang sudah melakukan sesuai dengan indikator yang tertera dalam RPPH
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Steam; Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 08:44 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50662 |