Sianturi, Santo (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4113141072 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. NIM 4113141072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
03. NIM 4113141072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
04. NIM 4113141072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
05. NIM 4113141072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
06. NIM. 4113141072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07. NIM. 4113141072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
08. NIM. 4113141072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
09. NIM. 4113141072 BAB I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM. 4113141072 BAB V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM. 4113141072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan – kesulitan yang dialami siswa, untuk mengetahui faktor – faktor kesulitan belajar biologi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada siswa dikelas X SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sidikalang dan sampel penelitian ini diambil secara random sampling. Instrument penelitian ini dengan menggunakan angket. Melalui teknik analisis data yaitu dengan teknik analsis deskriptif presentase diketahui adanya faktor kesulitan belajar, seperti faktor biologis (47,67% atau cukup sulit); psikiatrik (49,95% atau cukup sulit); inteligensi (64,21% atau sulitt); minat (59,33% atau cukup sulitt); motivasi (59,80% atau cukup sulit); orangtua (67,89% atau sulit); suasana rumah (67,46 atau sulit); guru (64,33 atau sulit); lingkungan sekolah (68,87% atau sulit); materi pelajaran (75,55 atau sulitt) media (56,67% atau cukup sulit). Diperoleh persentase rata-rata kesulitan belajar siswa sebesar 61,15% berarti siswa memiliki kesulitan belajar biologi yang cukup sulit. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, dapat diketahui bahwa faktor yang paling mmpengaruhi adalah faktor materi pelajaran yaitu sebesar 75,55% termasuk dalam kategori sulit. Kesulitan belajar siswa SMA Negeri 1 Sidikalang memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa sebesar 96,04%. Persentase tersebut dapat ditinjau dari faktor intern dan ekstern . Selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur secara empiris dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa ada sumbangsi yang diberikan kesulitan belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sidikalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 033 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Hasil belajar; Mata pelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 22:41 |
Last Modified: | 02 May 2016 22:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5065 |