Simanjuntak, Rica Riwanti (2022) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN PRAKTEK MENGAJAR PASCA PANDEMI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS 2018 UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182143010 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM 7182143010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM 7182143010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
4. NIM 7182143010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM 7182143010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM 7182143010 TABLES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. NIM 7182143010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 7182143010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (886kB) | Preview
12. NIM 7182143010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM 7182143010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dalam kesiapan menjadi guru mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis UNIMED. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Kemampuan Praktek Mengajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik penarikan sampel total sampling. Sehingga penulis mengambil seluruh populasi yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 53 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert.
Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y = 22,392+0,140X1+0,236X2+e berarti ada pengaruh positif dan signifikan variabel Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan KemmapuN Praktek Mengajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Pengujian secara parsial (Uji t) untuk uji hipotesis antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan menjadi guru menunjukan nilai thitung 2,021 ttabel sebesar 2,008 dengan sig 0,049, untuk uji hipotesis antara kemampuan praktek mengajar terhadap kesiapan menjadi guru menunjukkan nilai thitung 2,380 >ttabel sebesar 2,008dengan sig 0,021, dan uji F diperoleh nilai Fhitung 5,662>Ftabel 3,17 dengan sig 0,006 untuk uji hipotesis secara simultan antara kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan praktek mengajar terhadap kesiapan menjadi guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan praktek mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis 2018 UNIMED. Koefisien determinasi (R2 ) yang diperoleh sebesar 0,185 atau 18,5% dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan praktek mengajar sebesar 18,5 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Kemampuan Praktek Mengajar, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 May 2023 03:55 |
Last Modified: | 10 May 2023 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50630 |