HUTAHAEAN, RAHEL NADYA LYLYANA (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2019 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183343001 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 7183343001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM 7183343001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. NIM 7183343001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 7183343001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 7183343001 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM 7183343001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 7183343001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM 7183343001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
13. NIM 718334300 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 718334300 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2019 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 mahasiswa jurusan Pendidikan Bisnis Stambuk 2019 yang terdiri dari 2 kelas yaitu Pendidikan Bisnis kelas A dan B. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 52 mahasiswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket lingkungan keluarga, fasilitas belajar, dan motivasi belajar dalam skala bentuk likert sebanyak masing-masing 15 item soal. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis linier berganda diperoleh persamaan Y = 10,716 + 0,349 (X1) + 0,403 (X2) + e. Selanjutnya dilihat dari nilai siginifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa yang ditujukkan dengan thitung > ttabel dimana 2,844>2,00958 dengan nilai signifikan 0,006 < 0,05. Hasil dari nilai siginifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa yang ditujukkan dengan nilai thitung > ttabel 3,118 >2,00958. Dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditujukkan nilai Fhitung > Ftabel dimana 28,595 > 3,19 dan mempunyai nilai siginifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis dapat diterima. Dengan demikian berdasarkan penelitian terbukti bahwa kompetensi lingkungan keluarga dan fasiltas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswaPendidikan Bisnis Stambuk 2019 Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 May 2023 03:46 |
Last Modified: | 10 May 2023 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50628 |