Simanjuntak, Lely M (2016) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP N 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113341025 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4113341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 4113341025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 4113341025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4113341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 4113341025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 4113341025 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4113341025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4113341025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM. 4113341025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM. 4113341025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa –siswi kelas VII SMP N 10 Medan yang terdiri dari 12 kelas. Sampel yang digunakan yaitu tiga kelas dari duabelas kelas yaitu 75 siswa. Untuk memperoleh data kecerdasan emosional digunakan angket yang telah divalidkan oleh validator. Sedangkan data hasil belajar IPA siswa dilihat dari nilai semester ganjil. Untuk menguji homogenitas varians populasi digunakan uji Barlett dengan statistik Chi Kuadrat, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data kecerdasan emosional dan data hasil belajar biologi siswa memiliki varians yang seragam (homogen). Dari perhitungan Linieritas dan kebersamaan Regresi yang telah dilakukan diketahui koefisien a = 54,322 dan koefisien b = 0,197. Dengan diperoleh harga koefisien a dan b, maka bentuk persamaan regresi Y atas X menjadi Ŷ = 54,322 + 0,197 X, yang artinya perubahan Y atas X sebesar 0,197 pada konstanta 54,322. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional diprediksi dapat menaikkan harga Y (hasil belajar biologi) sebesar 0,197 pada konstanta 54,322. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Sehingga Hipotesis Altenatif (Ha) diterima sekaligus menolak Hipotesis nihil (Ho) dapat diterima atau teruji kebenaranya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 042 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional;Kecerdasan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 19:48 |
Last Modified: | 02 May 2016 19:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5060 |