Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan T.A 2021/2022

Pasaribu, Anastasya Julia (2022) Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 11811113013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 11811113013 COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1181113013  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1181113013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1181113013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1181113013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1181113013 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1181113013 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1181113031 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1181113031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1181113013 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1181113013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1181113013 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1181113013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1181113013 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1181113013 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1181113013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1181113013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1181113013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1181113013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1181113013 BIBLIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1181113013 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan tulisan dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Dalam pendidikan Taman Kanak-kanak, terdapat pendidik atau guru dalam menunjang proses belajar mengajarnya, beberapa diantaranya meliputi Guru Inti dan Guru Pendamping.
Guru pendamping adalah teladan bagi pembentukan karakter dan perkembangan anak, membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi penilaian pembelajaran. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan. Subjek penelitian adalah 2 orang guru pendamping, 2 orang guru inti, dan 1 orang kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan dilakukan dengan baik, seperti membuat prota, prosem, rppm, dan rpph. (2) Peran guru pendamping dalam proses pelaksanaan pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan dilakukan dengan sangat baik, seperti guru pendamping menyiapkan media dan alat peraga yang akan dilakukan dalam pembelajaran pada hari itu. (3) Peran guru pendamping dalam proses evaluasi pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan dilakukan dengan cukup baik, seperti guru pendamping melakukan pencatatan terhadap kekurangan atau kelebihan anak dalam pelaksanaan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru Pendamping; Taman Kanak-Kanak; Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:14
Last Modified: 02 Mar 2023 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50545

Actions (login required)

View Item
View Item