Pasaribu, Anastasya Julia (2022) Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 11811113013 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM 1181113013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. NIM 1181113013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM 1181113013 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 1181113031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 1181113013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 1181113013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 1181113013 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 1181113013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM 1181113013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM 1181113013 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan tulisan dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Dalam pendidikan Taman Kanak-kanak, terdapat pendidik atau guru dalam menunjang proses belajar mengajarnya, beberapa diantaranya meliputi Guru Inti dan Guru Pendamping.
Guru pendamping adalah teladan bagi pembentukan karakter dan perkembangan anak, membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi penilaian pembelajaran. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan. Subjek penelitian adalah 2 orang guru pendamping, 2 orang guru inti, dan 1 orang kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan dilakukan dengan baik, seperti membuat prota, prosem, rppm, dan rpph. (2) Peran guru pendamping dalam proses pelaksanaan pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan dilakukan dengan sangat baik, seperti guru pendamping menyiapkan media dan alat peraga yang akan dilakukan dalam pembelajaran pada hari itu. (3) Peran guru pendamping dalam proses evaluasi pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan dilakukan dengan cukup baik, seperti guru pendamping melakukan pencatatan terhadap kekurangan atau kelebihan anak dalam pelaksanaan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Guru Pendamping; Taman Kanak-Kanak; Proses Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 04:14 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50545 |