Tampubolon, Indra Wahyu (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
14.NIM 4172131018.Indra Wahyu Tampubolon.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: (1) E-modul berbasis PBL yang telah memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan; (2) Respon (tanggapan) siswa terhadap aspek tampilan, materi dan manfaat e-modul berbasis PBL pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu Analisis terhadap empat modul yang ada dilakukan berdasarkan Silabus kurikulum 2013 ang sedang berlaku maka didapatkan bahwa materi yang terdapat dalam modul I, II, III sudah sesuai dengan silabus kurikulum 2013 sementara modul IV belum sesuai dengan Silabus 2013, analisis modul oleh peneliti, perancangan dan pengembangan modul, validasi e-modul oleh dosen dan guru, dan kemudian penilaian e-modul yang dikembangkan oleh siswa. Rata -rata hasil validasi oleh dosen sebesar 3,53 yang berarti valid dan tidak perlu direvisi dan rata-rata validasi guru sebesar 3,86 yang berarti valid dan tidak perlu direvisi. Rata -rata persentase tingkat pendapat siswa terhadap e-modul berbasis PBL yang sudah dikembangkan sebesar 77,87%. Maka dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis Problem Bsed Learning (PBL) pada materi Ikatan kimia SMA kelas X valid dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan respon siswa yang tinggi berarti siswa merasa tertarik dengan e-modul tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-KIM-071 / 371.33 Tam p |
Keywords: | Pengembangan E-modul; Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL); Instrument BSNP; Ikatan kimia; validasi bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 07:34 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50539 |