BR Manjorang, Elia Rosa (2022) Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Tanjung Morawa T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM_1183113030_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM_1183113030_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
3. NIM_1183113030 _ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
4. NIM_1183113030_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
6. NIM_1183113030 _DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM_1183113030_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
7. NIM_1183113030_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM_1183113030_BAB I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
12. NIM_1183113030_BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM_1183113030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
embelajaran Project Based Learning Berbasis Lingkungan terhadap kreativitas anak. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anak kelompok B di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa T.A 2021/2022 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas persiapan sebagai kelas eksperimen dan kelas bermain peran sebagai kelas control. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan desain Quasi Eksperimental,
dengan bentuk Posstets Only Control Design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama, yaitu kelas B1 (Kelas Persiapan) dengan menggunakan pembelajaran Project berbasis lingkungsn dan kelas B2 (kelas bermain peran) dengan menggunakan
pembelajaran cooperative learning (kelompok). Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas pada anak usia 5-6 tahun meningkat setelah menggunakan pembelajaran project berbasis lingkungan. Kreativitas pada anak kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas control. Halini dapat diketahui dengan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 3,34 sedangkan rata-rata kelompok control sebesar 2,80dengan selisih 0,54. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode bercerita memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyimak anak dengan > yaitu 6,5 > 4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
penggunaan metode bercerita terhadap pengembagan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Pembina Martubung T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Bercerita; Kemampuan Menyimak; Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:43 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50368 |