Gultom, Yoel P[utra Valda (2022) Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realitas Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA VI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183151026_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183151026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 1183151026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 1183151026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 1183151026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1183151026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183151026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1183151026_BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
12. NIM. 1183151026_BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM. 1183151026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan realitas terhadap kejenuhan belajar siswa kelas XI IPA VI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
semu dengan pretest-postest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IPA VI yang memiliki skor kejenuhan belajar yang tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kejenuhan belajar siswa berjumlah 37 item pernyataan yang telah valid dan reliable. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling
kelompok pendekatan realitas terhadap kejenuhan belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 119,625 sedangkan data post-test diperoleh ratarata
= 62,75. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon untuk n=8, =0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung >Jtabel dimana 6>4, dari
perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling kelompok pendekatan realitas terhadap kejenuhan belajar siswa kelas XI IPA VI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Pendekatan Realitas; Kejenuhan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:42 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50357 |