Nisa, Nada Khairun (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FSLC (FORMULATE SHARE LISTEN CREATE) MENGGUNAKAN MEDIA TEKA -TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181131008 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM 4181131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
3. NIM 4181131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. NIM 4181131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM 4181131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 4181131008 TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM 4181131008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM 4181131008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
9. NIM 4181131008 CHAPTER I'.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM 4181131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
14. NIM 4181131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Salah satu materi kimia yang sulit dipahami oleh siswa di SMAN 1 Tebing Tinggi adalah elektrolit dan non elektrolit. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mampu memahami materi tersebut perlu diiringi dengan adanya motivasi. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi yakni dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif FSLC, dibarengi dengan penggunaan media TTS untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif FSLC menggunakan media teka-teki silang 2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tebing Tinggi yang diajarkan metode kooperatif FSLC dengan menggunakan media teka-teki silang pada materi elektrolit dan non elektrolit 3) mengetahui korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif FSLC dengan menggunakan media teka-teki silang pada materi elektrolit dan non elektrolit. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan model yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif FSLC. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan motivasi belajar siswa yang diajar dengan metode FSLC menggunakan teka-teki silang dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang diberikan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran elektrolit dan non elektrolit dengan nilai sig. sebesar 0,013 < 0,05. Perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran FSLC menggunakan TTS dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, ditandai dengan nilai Sig. sebesar 0,02 maka Ha diterima. Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,039, hasil ini menunjukkan bahwa motivasi berhubungan secara signifikan dengan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-KIM-107 / 371.33 Nis p |
Keywords: | Kooperatif FSLC, Teka-teki Silang, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Elektrolit dan Non Elektrolit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 08:11 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50256 |