Silaen, Jessica Chirstine Rosalina (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS SETS UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173331026 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 4173331026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4173331026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM 4173331026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 4173331026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM 4173331026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4173331026 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4173331026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4173331026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM 4173331026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4173331026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan bahan ajar kimia berbasis SETS pada materi kimia semester ganjil untuk siswa SMA Kelas XI berdasarkan kriteria BSNP dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahapan penelitian ini dilakukan sampai ADD (analysis, design, development) saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan menurut standar BSNP berdasarkan aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, dan aspek kelayakan bahasa berturut-turut, yaitu 89,44%, 89,03%, dan 88,57% dengan kriteria valid/layak. Sedangkan hasil respon siswa terhadap bahan ajar yang dirancang sangat tinggi dengan persentase rata-rata 89,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahan ajar kimia berbasis SETS untuk siswa SMA kelas XI semester ganjil yang dikembangkan telah memenuhi standar BSNP dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-KIM-119 / 371.33 Sil p |
Keywords: | Bahan Ajar; SETS; ADDIE; instrumen BSNP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:57 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50242 |