Lubis, Noviadila Zahra (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII IPA SMP SE-KOTA MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183351024 COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM 4183351024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM 4183351024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 4183351024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM 4183351024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
6. NIM 4183351024 ILLUSTRATIO.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 4183351024 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 4183351024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM 4183351024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM 4183351024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM 4183351024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan pribadi manusia untuk menerapkan pengetahuan juga keahlian mengenai sains dalam setiap tempat dan situasi yang nyata dan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains ditinjau dari 1) aspek pengetahuan; 2) aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kota Medan tahun ajaran
2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara area samplin. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan (30 responden), SMP Swasta ST. Yoseph Medan (30 responden) dan SMP Swasta Ignasius-Entrepreneur School Medan (30 responden). Total seluruh responden dalam penelitian ini yaitu 90 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan: 1) soal tes berbasis literasi sains yang diadopsi dari soal PISA 2015; 2) wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan literasi sains siswa aspek pengetahuan siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan dengan persentase skor sebesar 45,34%, tergolong kategori kurang sekali. Kemampuan literasi sains siswa aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-kota Medan dengan persentase sebesar 53,52% tergolong kategori kurang. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa kelas VIII se-Kota Medan pada kedua aspek tersebut masih tergolong kategori kurang dan perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-031 / 379.24 Lub a |
Keywords: | Science Literacy, Knowledge Aspect, Competency Aspect |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:49 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50230 |