Safitri, Junita (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182151010 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM 4182151010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
3. NIM 4182151010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM 4182151010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM 4182151010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM 4182151010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
7. NIM 4182151010 TABLES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM 4182151010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
9. NIM 4182151010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
13. NIM 4182151010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14. NIM 4182151010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul pembelejaran berbasis STEM yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media juga Modul yang menarik berdasarkan respon guru dan siswa serta untuk mengetahui keefktifan Modul terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan Modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall. Uji coba produk dilakukan pada kelompok terbatas yaitu 23 siswa MTs Al Ridho Sei Rotan dan guru IPA serta uji coba pemakaian terdiri 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, angket respon guru dan siswa serta tes dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan siswa. Hasil studi pendahuluan dan observasi yang dilakukan di Mts Al Ridho bahwa dalam pembelajaran sumber belajar yang biasa digunakan adalah buku paket dan LKS yang jumlahnya tidak memenuhi jumlah siswa dan merupakan terbitan pemerintah. Guru belum ada mengembangkan suatu modul yang terintegrasi dengan Science, Technology, Engeneering, and Mathematics (STEM). Hasil validitas Modul pembelajaran berbasis STEM yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan penilaian ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media dengan skor rata-rata beruntun: 96%, 86%, dan 88% dengan kriteria “sangat layak” serta respon guru dan siswa diperoleh skor 86% dan 87% dengan kriteria “sangat menarik” serta Modul pembelajaran berbasis STEM yang dirancang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai hasil belajar diperoleh skor pretest 50,43 dan postest 79,22 serta rata-rata N-Gain 0,58 dengan interpretasi sedang dan ketuntasan klasikal 91,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-033 / 371.33 Saf p |
Keywords: | Modul; Hasil belajar; Pendekatan STEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 03:04 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50226 |