Khovivah, Atika (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII SMPS PAHLAWAN NASIONAL MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183151810 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM 4183151810 LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
3. NIM 4183151810 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4. NIM 4183151810 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
5. NIM 4183151810 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. NIM 4183151810 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
7. NIM 4183151810 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
8. NIM 4183151810 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM 4183151810 BAB I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
13. NIM 4183151810 BAB V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM 4183151810 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan saat ini. Salah satu perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji coba LKPD dilakukan di SMPS Pahlawan Nasional Medan pada kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 5 orang untuk uji coba perorangan, 27 orang uji coba terbatas, dan 55 orang untuk uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli pembelajaran, lembar validasi ahli media, angket respon guru, angket respon peserta didik, serta soal pre-test dan post-test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Produk di validasi kelayakanya oleh validator dan memperoleh hasil segi materi dengan persentase 90,63 % (sangat layak), pembelajaran dengan persentase 95% (sangat layak), dan desain dengan persentase 88,64% (sangat layak). Hasil respon siswa terhadap LKPD dengan persentase 90% (sangat layak) pada uji coba perorangan dan 86% (sangat layak) pada uji coba kelompok terbatas, hasil respon guru menunjukkan presentase 92,65% (sangat layak). LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi manusia mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dimana perolehan rata-rata skor berpikir kritis pada pretest sebesar 40,26 (rendah) dan saat posttest memperoleh skor rata-rata 77,06 (tinggi) dengan skor N-Gain sebesar 0,57 (sedang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-030 / 371.33 Kho p |
Keywords: | LKPD berbasis PBL, Sistem Ekskresi Manusia, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:46 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50210 |