Br. Purba, Putri Naomi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATERI TEKANAN ZAT SISWA KELAS VIII SMP SMPN 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183351026 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 4183351026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
3. 4183351026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4. 4183351026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
5. 4183351026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 4183351026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
7. 4183351026 TABLES.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
8. 4183351026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 4183351026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
13. 4183351026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. 4183351026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kemamuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi pada materi tekanan zat dapat memenuhi kriteria tinggi dan aspek kemampuan berpikir kritis mana yang terkembangkan melalui model pembelajaran PBL berbantuan video animasi pada materi tekanan zat. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 32 siswa yaitu kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Medan yang dipilih secara random sampling. Hasil analisis data pretest dan posttest yang dilakukan menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis (one sample t-test) diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,734>1,695. Pada pengujian gain ternormalisasi diperoleh nilai n-gain sebesar 0,719 (71,9%) yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video animasi pada materi tekanan zat memenuhi kriteria tinggi. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis yang terkembangkan adalah aspek mengatur strategi dan taktik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-025 / 371.33 Pur p |
Keywords: | model pembelajaran problem based learning, kemampuan berpikir kritis, video animasi, tekanan zat. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:53 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50209 |