Br Ginting, Febrina (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBANTU PhET SIMULATION PADA MATERI BENTUK ENERGI DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFSISWA SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181151001 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 4181151001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 4181151001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
4. 4181151001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
5. 4181151001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
6. 4181151001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
7. 4181151001 TABLES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
8. 4181151001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
9. 4181151001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
13. 4181151001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
14. 4181151001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbantu PhET Simulation yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. LKPD yang dikembangkan dinilai oleh validator ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain serta juga melalui respon peserta didik dan uji coba terbatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 dosen validator dan berjumlah 32 orang peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, angket respon peserta didik dan tes dalam bentuk uraian sebanyak 20 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak setelah divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain. LKPD yang dikembangkan diperoleh hasil persentase dengan rat-rata 86,8%,96,87% dan 88,85% .Hasil respon peserta didik diperoleh hasil layak digunakan dalam pembelajaran pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil yang diperoleh pada kelompok kecil dengan persentase 93,33% dan persentase kelompok besar dengan rata- rata 98,95%. LKPD berbantu PhET Simulation yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil yang diperoleh dengan skor rata-rata pretest 38,75 dan skor rata-rata posttest 83,75 serta skor N-Gain yaitu 0,71 dengan interpetasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-018 / 371.33 Gin p |
Keywords: | LKPD; PhET Simulation; Berpikir Kreatif |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9000 Special industries and trades > HD9502 Energy industries. Energy policy. Fuel trade L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:51 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50193 |