MARBUN, SANDRO RAMONA (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF HYPERLINK DAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SARANA DAN PRASARANA PERKANTORAN KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7181144010 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM. 7181144010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
4. NIM. 7181144010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
3. NIM. 7181144010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 7181144010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
6. NIM. 7181144010 TABLE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 7181144010 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 7181144010 CHART.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
11. NIM. 7181144010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
10. NIM. 7181144010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
9. NIM. 7181144010 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 7181144010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
16. NIM. 7181144010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
Abstract
Sandro Ramona Marbun, NIM. 7181144010, Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Hyperlink Dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Perkantoran Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2021/2022, Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Tahun 2022.
Penelitian ini bertujuan agar mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Hyperlink dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Perkantoran Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak. Populasi dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas XI OTKP dengan total 124 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster sampling. Peneliti mengambil kelas XI OTKP 3 dan Kelas XI OTKP 4 sebagai sampel yang dipilih secara acak dari banyaknya populasi tanpa melihat kriteria kelebihan atau kekurangan setiap kelas yang terdiri dari 60 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan dua kelas, yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji t.
Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini yakni: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif hyperlink dan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sarana dan prasarana perkantoran kelas XI OTKP SMK Negeri 1 patumbak T.A 2021/2022. Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil penelitian terlihat dari hasil perhitungan data belajar dengan media powerpoint interaktif hyperlink dan model pembelajaran role playing dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 65,166 meningkat menjadi 83,200 dengan thitung = 2,321 dan ttabel = 1,669 dari daftar distribusi sehingga dihasilkan 2,321>1,669 dan hipotesis menyatakan “Terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Hyperlink Dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Perkantoran Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Hyperlink, Model Role Playing dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 08:08 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50179 |