WAU, REYNELSISDA (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA OTKP KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEAHLIAN PERKANTORAN DI SMKN 1 PATUMBAK T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2 NIM. 7182144003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (933kB) | Preview
1 NIM. 7182144003 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
3 NIM. 7182144003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4 NIM. 7182144003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5 NIM. 7182144003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
6 NIM. 7182144003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7 NIM. 7182144003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8 NIM. 7182144003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
9 NIM. 7182144003 BAB I.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
14 NIM. 7182144003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13 NIM. 7182144003 BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Reynelsisda Wau, NIM 7182144003. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa OTKP Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Keahlian Perkantoran Di SMKN 1 Patumbak T.A 2021/2022.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar keahlian perkantoran OTKP Kelas X SMKN 1 Patumbak Tahun Pelajaran 2021/202. Jenis Penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif dan populasi penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP berjumlah 144 siswa di SMKN 1 Patumbak, metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Teknik proportional random sampling yang berjumlah 106 siswa. Teknik yang pengumpulan data adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk uji instrument penelitian peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, untuk uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian berdasarkan koefesien determinasi (R2) menunjukan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 66,2%. Dimana variabel X1 (Motivasi Belajar) memberikan kontribusi atau pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar dibandingkan dengan variabel X2 (Disiplin Belajar). Adapun nilai koefisien determinasi (R2) pada variabel X1 adalah sebesar 0,655 atau 65,5%, sedangkan variabel X2 adalah sebesar 0,010 atau 0,10%. Maka disimpulkan bahwa kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar keahlian perkantoran kelas X OTKP di SMKN 1 Patumbak T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 07:40 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50175 |