Azizah, Yusra Hayati (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KINGDOM MONERA (ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA) DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163341062 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4163341062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
3. NIM. 4163341062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 4163341062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
5. NIM. 4163341062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 4163341062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 4163341062 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4163341062 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 4163341062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM. 4163341062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4163341062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Kingdom Monera (Archaebacteria dan Eubacteria) di kelas MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021 sebanyak 11 kelas yang berjumlah 396 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 dan XI IPA 8 yang berjumlah 72 orang yang diambil
secara Random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berupa tes pilihan berganda, tes esai, dan hasil wawancara.
Hasil Penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa 5,56% baik sekali, 19,44% baik, 29,16% sedang, dan 45,83% kurang, sedangkan berdasarkan indikator instrumen soal, pemahaman konsep siswa tertinggi 72,68% terdapat pada indikator menjelaskan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria, dan
pemahaman konsep terendah 67,12% terdapat pada indikato rmenjelaskan cara perkembangbiakan bakteri, kemudian hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa 8,33% sangat baik, 36,11% baik, 37,5% cukup baik, 6,94% kurang, dan 11,11% kurang sekali, dan hasil keterampilan berpikir kritis siswa dilihat dari 5 aspek berpikir kritis yaitu: pada aspek memberikan penjelasan sederhana keterampilan berpikir kritis siswa berkategori baik dan cukup baik dengan persentase 76,74%, pada aspek membangun keterampilan dasar keterampilan berpikir kritis siswa berkategori cukup baik dengan persentase 69,16%, pada aspek meyimpulkan keterampilan berpikir kritis siswa berkategori
cukup baik dengan persentase 66,66%, pada aspek membuat penjelasan lebih lanjut keterampilan berpikir kritis siswa berkategori cukup baik dengan persentase 67,12%, dan pada aspek mengatur strategi dan taktik keterampilan berpikir kritis siswa berkategori kurang baik dengan persentase 59,72%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 071 |
Keywords: | Pemahaman konsep; Berpikir kritis; Bakteri; Archaebacteria; Eubacteria |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:24 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50151 |