PERSEPSI MAHASISWA PESERTA MATAKULIAH STRUKTUR HEWAN TERHADAP PERKULIAHAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Gultom, Wintri Florida (2021) PERSEPSI MAHASISWA PESERTA MATAKULIAH STRUKTUR HEWAN TERHADAP PERKULIAHAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4142141018 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4142141018 JUDUL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4142141018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4142141018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4142141018 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4142141018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4142141018 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4142141018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4142141018 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4142141018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4142141018 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4142141018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4142141018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4142141018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4142141018 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4142141018 BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4142141018 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4142141018 BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4142141018 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4142141018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring menjadi solusi terbaik terhadap proses belajar mengajar dimasa pandemi Covid-19. Prodi Pendidikan Biologi salah satu prodi yang ikut menerapkan pembelajaran daring, salah satunya pada mata kuliah struktur hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa
terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah struktur hewan serta masalahmasalah yang timbul dalam proses belajar yang dihadapi oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020 dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa Pendidikan Biologi A angkatan 2020 yang telah mengambil mata kuliah struktur hewan secara daring. Teknik pengambilan
sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui Google Form yang dilakukan kepada beberapa mahasiswa untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan persepsi Mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah struktur hewan dimasa pandemi Covid-19 secara keseluruhan memperoleh hasil 61,0% dengan kategori kurang baik. Kendala dalam pembelajaran daring pada mata kuliah struktur hewan terdiri dari jaringan yang
kurang mendukung, kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi, dan terbatasnya kuota internet yang dimiliki mahasiswa. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah
struktur hewan termasuk dalam kategori kurang baik dengan beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses belajar, adapun saran dari peneliti sebaiknya mahasiswa harus giat mencari materi dari sumber lain tidak hanya
menerima dari pendidik saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 040
Keywords: Persepsi Pembelajaran daring; Struktur hewan; Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:17
Last Modified: 17 Feb 2023 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50150

Actions (login required)

View Item
View Item