PURBA, AGUSTINA BR (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK KEPEGAWAIAN KELAS XI SMKS ROKITA SARI 2 BANGUN PURBA T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181144007 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM 7181144007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. NIM 7181144007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
5. NIM 7181144007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM 7181144007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 7181144007 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7181144007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7181144007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
8. NIM 7181144007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM 7181144007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM 7181144007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving dan SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian Kelas XI SMKS Rokita Sari Bangun Purba T.A 2022/2023.
Jenis penelitian yaitu eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kepada kedua kelompok sampel. Populasi penelitian yakni siswa kelas XI OTKP di SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba sebanyak 55 orang dan terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan mengambil seluruh populasi untuk menjadi sampel penelitian. Kelas XI A (Eksperimen I) menerapkan Model Problem Solving dan XI B (Eksperimen II) menerapkan model SAVI. Instrumen pengumpulan data yaitu hasil belajar berbentuk pilihan berganda, yaitu soal pre-test dan post-test sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel, maka dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya pembeda. Teknik analisa data yaitu melakukan perhitungan rata-rata hitung, standar deviasi, normalitas, homogenitas serta pengujian hipotesis.
Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I (Problem Solving) 32,2 dengan Post-test 65,8 standar deviasi 10,316 dan 12,22. Sedangkan nilai rata-rata eksperimen II (SAVI) yaitu 37,167 dan post test 58,667 dengan standar deviasi 9,351 dan 8,899. Dalam uji t didapatkan thitung 2.814 > ttabel 1,674. Maka disimpulkan hasil belajar OTK Kepegawaian yang diajar menggunakan Problem Solving lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar menggunakan model SAVI pada siswa kelas XI OTKP SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Solving, Model Pembelajaran SAVI, dan Hasil Belajar OTK Kepegawaian |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:07 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50147 |