SITOHANG, EWINDA (2022) PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA SISWA KELAS XII AKL 2 SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182142012 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM.712142012 APPROVAL .Pdf.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
3. NIM.7182142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM.7182142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM.7182142012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM.7182142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM.7182142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM.7182142012 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM.7182142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM.7182142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM.7182142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi keungan pada siswa kelas XII AKL 2 SMK HKBP Sidikalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi setelah diterapkannya Flipped Classroom pada siswa kelas XII AKL 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AKL 2 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu i dengan test dan observasi, untuk Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, Observasi dan refleksi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis pada siklus I didapatkan sebesar 13% dan pada siklus II sebesar 86% menunjukkan adanya peningkatan sehingga hipotesis I diterima. Untuk hipotesis II hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 86%, sehingga II diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Flipped Classroom dapat menigkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi pada akuntansi keuangan siswa AKL 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:38 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50143 |