Hardiyanti, Suci (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN KELAS X MIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4172141033 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 4172141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3 NIM 4172141033 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 4172141033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM 4172141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM 4172141033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 4172141033 TABLES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8. NIM 4172141033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM 4172141033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM 4172141033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 4172141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi klasifikasi hewan, menghasilkan multimedia interaktif yang layak berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media,
mengetahui respon guru dan siswa, serta mengetahui tingkat efektivitas multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan 4D. Multimedia interaktif divalidasi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media, serta diujicobakan kepada guru Biologi dan 56 siswa kelas
X. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes kognitif hasil belajar siswa. Penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh
penilaian sangat layak dengan masing-masing nilai diperoleh persentase 94,7% dan 90,25%. Data angket respon guru dan siswa diperoleh penilaian sangat baik dengan masing-masing nilai diperoleh persentase 90% dan 92,2%. Hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 mengalami peningkatan hasil n-gain sebesar 0,81 atau 81% dengan kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi klasifikasi hewan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran kelas X MIA SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 063 |
Keywords: | Multimedia interaktif; Articulate Storyline 3; Klasifikasi hewan; Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:00 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50141 |